8 Cara Mencegah Sakit Flu Selama Berpuasa di Bulan Ramadhan

Cara mencegah sakit flu tentu sangat mudah, yaitu dengan menjaga sistem kekebalan tubuh. Namun lain halnya ketika berpuasa. Apalagi ketika berada di bulan Ramadhan ketika kewajiban berpuasa dilakukan setiap hari secara berturut-turut. Mencegah sakit flu tentu akan lebih sulit dilakukan karena keterbatasan waktu untuk mengonsumsi makanan. Berikut ini ada beberapa tips mencegah sakit flu selama puasa.

Cara Mencegah Sakit Flu Selama Berpuasa Ramadhan

  1. Memenuhi kebutuhan nutrisi harian saat sahur dan berbuka
    Saat berpuasa, makanan sehat lebih dibutuhkan, karena seharian tubuh tidak terisi cukup nutrisi. Makanan bernutrisi tidak hanya akan membuat tubuh kembali segar, melainkan juga akan menghindarkan tubuh dari resistensi virus yang tersebar di lingkungan sekitar. Nutrisi harian harus tetap terpenuhi saat berpuasa. Untuk menghindari sakit flu, nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin A, C, E, dan juga zinc. Ada banyak makanan yang bisa dikonsumsi, seperti yogurt, sayur, buah, kacang-kacangan, ikan salmon, daging, dan masih banyak lagi.
  2. Tetap rutin minum air putih 8 gelas sehari
    Air putih adalah satu komponen utama yang dibutuhkan tubuh untuk bisa melakukan metabolisme. Kekurangan air putih tidak hanya akan menyebabkan dehidrasi, melainkan juga kegagalan organ dalam dalam melakukan tugasnya. Dengan demikian, virus dan bakteri akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Saat berpuasa, minum 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah berbuka, 2 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.
  3. Bila perlu, konsumsi multivitamin
    Kiat mencegah sakit flu selama puasa yang tetap harus diperhatikan adalah menjaga asupan nutrisi harian tubuh. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian, karena masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan. Salah satunya dengan menambahkan suplemen atau multivitamin tambahan ketika sahur atau bebuka puasa.
  4. Mengenakan masker
    Masker akan sangat membantu ketika berpuasa. Apalagi untuk orang yang suka bepergian atau harus bekerja dengan banyak orang di tempat umum. Selain untuk menghalau virus yang masuk melalui hidung dan mulut, masker juga bisa mengurangi rasa tidak nyaman akibat bau mulut saat berpuasa.
  5. Selalu mencuci tangan
    Cuci tangan sudah berkali-kali dianjurkan untuk bisa menghalau virus, kuman, dan bakteri yang tidak sengaja menempel di tangan. Termasuk virus penyebab flu yang tersebar di banyak tempat. Usahakan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun.
  6. Berolahraga ringan selama puasa
    Puasa juga bukan halangan untuk tetap bisa melakukan olahraga. Banyak jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa seperti bersepeda, berjalan kaki, yoga ringan, atau bahkan jogging di sore hari. Olahraga yang rutin akan bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah terkena flu.
  7. Tidak mengonsumsi minuman dingin saat sahur dan berbuka
    Minuman dingin saat berpuasa lebih baik dihindari, baik saat berbuka puasa maupun saat sahur. Gantilah minuman dingin dengan minuman hangat yang lebih menyehatkan. Dengan begitu, sakit flu tidak akan bisa dengan mudah menyerang.
  8. Menghindari makanan instan atau junk food
    Cara mencegah sakit flu saat bulan puasa adalah dengan menghindari makanan instan atau makanan junk food. Tidak ada kandungan nutrisi yang berarti dalam kedua jenis makanan tersebut. Sebaiknya hindari makanan yang tidak menyehatkan, apalagi saat puasa. Saat berpuasa, tubuh tidak membutuhkan sampah, melainkan nutrisi yang bermanfaat.

Itulah 8 cara mencegah sakit flu yang baik dilakukan selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *